Monday, August 10, 2009

Samsung Reclaim, Ponsel QWERTY dari Jagung

Washington - Tren ramah lingkungan kini tengah menghinggapi berbagai perusahaan teknologi. Ini termasuk produsen handset terbesar kedua dunia, Samsung yang merilis ponsel 'hijau' bertajuk Reclaim. Ponsel itu antara lain terbuat dari tanaman jagung.

Ponsel yang dilempar di pasaran Amerika Serikat ini bergaya sliding dengan keyboard QWERTY serta kamera 2MP. Para konsumen setempat yang berminat bisa membelinya melalui operator Sprint.

Tren ponsel hijau memang sedang berkembang di negeri paman Sam itu. Sebelumnya, vendor Motorola juga telah memperkenalkan ponsel yang casingnya terbuat dari material daur ulang botol plastik.

Samsung Reclaim 80 persennya terbuat dari bahan yang mudah didaur ulang. Bio-plastik yang dibuat dari tanaman jagung adalah material utama untuk casing ponsel warna hijau itu. Sebelumnya, vendor asal Korea Selatan ini sudah pernah membuat ponsel dari jagung, hanya saja kemampuannya cukup jauh di bawah Reclaim.

Dikutip detikINET dari Wired, Jumat (7/8/2009), ponsel Reclaim juga bebas dari bahan berbahaya seperti polyvinyl chloride (PVC) dan hampir tak mengandung brominated flame retardants (BFR). Kedua bahan itu sudah diusulkan agar tidak dipakai lagi di barang elektronik.

Tidak hanya itu, Samsung mengklaim bahwa baik charger ponsel Reclaim, kemasan ponsel maupun tinta yang digunakan juga sangat ramah lingkungan. ( fyk / ash )

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger